you said move on, where do i go?


profile

about you hereee! like how you can't stand your mother who has such a big mouth you can't even tell her anything! or the stupid sister who bosses you around? or even the angel father who does nothing.
strikeitalicbold

misc
plurk, twitter, music, some pet thingy, whatever. this is etc. :D
oh wait, tagboard if you have one.

friends
your links go here,
link
link
link
link
link
link
link

thanks
© * étoile filante
inspiration/colours: mintyapple
icons: cablelines
reference: x / x

past
November 2008
Desember 2008
Januari 2009
Februari 2009
Maret 2009
April 2009
Mei 2009
Agustus 2009
September 2009
Oktober 2009
Mei 2010
title: Maryamah Karpov....
date: Minggu, Desember 14, 2008
time:05.22
Hhhh....
Akhirnya aku selesai juga baca buku Maryamah Karpov-nya Andrea Hirata....
Bukunya bagus banget...
Gak berbeda jauh dengan buku-bukunya yang lain, kekuatan cerita dari Maryamah Karpov adalah latar belakang ceritanya yag gak biasa, gaya penuturannya yaang unik, serta metafora-metafora Andrea Hirata yang khas dan gak biasa.
Maryamah Karpov menceritakan tentang pencarian Ikal terhadap A Ling, si Gadis Ho Pho yang telah menyihir Ikal dengan paras-paras kukunya yang indah.....
Bila di Edensor, Ikal telah menjelajahi Eropa dan Afrika demi mencari A Ling, maka di Maryamah Karpov, Ikal memutuskan untuk menjelajahi kepulauan Belitong ( yang terdiri dari 181 pulau kecil) dengan perahu layar buatan tangannya sendiri...
Pencariannya kali ini didasarkan atas penemuan beberapa jenazah orang Ho Pho yang berajah kupu-kupu hitam di lengan. Rajah kupu-kupu itu adalah penanda keluarga A Ling.
Benar saja, setelah bertaruh nyawa di lautan selama berminggu-minggu, setelah menantang maut dengan menghadap seorang dukun siluman kenamaan Tuk Bayan Tula, melawan seorang lanun berbahaya bernama Tambok, dan menyerahkan segala harta yang melekat di tubuhnya, akhirnya Ikal berhasil menemui A Ling yang tengah terbaring sakit di salah satu pulau kecil bersama tawanan-tawanan Tambok lainnya.
Singkat cerita, cinta A Ling dan Ikal yang telah lama terkubur oleh waktu akhirnya bersemi kembali....
Di komidi putar, A Ling meminta Ikal untuk mencurinya dari pamannya.....
Mencuri gadis dalam metafor orang Ho Pho, berarti meminangnya...
Chung Fa, paman A Ling telah bersedia melepas A Ling. Tapi ternyata, ayah Ikal sendirilah yang tidak menyetujui gadis pilihan Ikal tersebut.
Akhirnya Ikal pun memilih untuk kawin lari dengan A Ling. Berlari mengejar mimpinya bersama gadis yang telah membuatnya berlari ke Eropa, ke sudut-sudut Eropa, dan ujung Olovyanaya.
Selain mengenai pencarian A Ling, Andrea tetap menceritakan hal-hal kecil terkait dengan kebudayaan Melayu yang tak kalah menariknya seperti tentang kedatangan dokter gigi, hal-hal taruhan, serta cerita-cerita singkat tentang masa kecil Ikal yang tak diceritakan secara mencetail di buku-buku lainnya....
Tapi aku gak ngerti kenapa judulnya MARYAMAH KARPOV, coz nama Maryamah Karpov cuma disebut 2 kali. Itu pun gak ada sangkut pautnya dengan cerita utama....
Mungkin pemilihan judul ini dikarenakan keunikannya belaka......
Bagian yang paling kusuka:
1. Saat Ikal sedang sidang tesis di Sorbonne
2. Deskripsi teh dan kue tepungnya.....(hehehe)
3. Saat Ikal dan A Ling ketemu...( romantisss....dalam bahasa yang sederhana tapi menggetarkan...)
Pokonya, VIVA ANDREA HIRATA.....


comment? / top